Sabtu, 28 September 2013

Samudra Hindia (Geografi Benua dan Samudra)



BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Samudra Hindia luasnya sekitar 73,3 juta kilometer persegi. Nama Samudra Hindia berdasarkan konsepsi Vasco Da Gama diambil dari nama sungai Indus di India. Batas – batasnya pantai Afrika, Asia,dan Australia. Dibagian barat dibatasi oleh meridian yang melewati Tanjung Agulhas yaitu pada 200 BT dan dibagian timur meridian yang melewati pulau Tasmania yaitu pada  1400 BT. Di Indonesia dimulai dari selat Malaka, kepulauan Sunda besar, Nusa Tenggara sampai ke Timur.
Samudra Hindia, samudra terkecil diantara tiga samudra besar di dunia, terletak disebelah utara Antartika, di sebelah selatan benua Asia, dan diantara benua Afrika dan Australia. Batas di sebelah utara terbentang dari pantai Semenanjung Arab, melalui tepi benua Asia sampai Semenanjung malaka. Di sebelah selatan, batas  samudra ini menjadi satu dengan Samudra Selatan (Antartika) pada Konvergensi Antartika, sekitar 52° LS. Luas Samudra Hindia sekitar 75 juta km², lebar sekitar 9.980 km, yang menyempit kea rah uatara; kedalaman rata-rata 4.000 m, dan kedalaman maksimum hamper 7.600 m. kedalaman rata-rata Samudera Hindia, tidak termasuk laut-laut yang terletak di sepanjang perbatasan samudra, berkisar antara 3.914 m sampai 3.987 m; bagian terdalam terdapat di Palung Sunda (7.434m), di sebelah selatan P. jawa.
Jajaran Semenanjung Malaka, Sumatera, Jawa, Timor, Australia, dan Tasmania, merupakan batas antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Batasan ini berakhir pada 147° BT yang membentang ke Antartika. Di wilayah Konvergensi Antartika, sekitar 50° LS, terjadi penemuan antara perairan dingin Antartika dan perairan tropis Samudra Hindia. Batas antara Samudra Hindia dan Samudra Atlantik terletak di Tanjung Pengharapan (20° BT). Namun secara alami, tidak ada pemisahan antara kedua samudra.


1.2         Rumusan Masalah
Dilihat dari latar belakang diatas adapun rumusan masalahnya, yaitu :
1.             Berapa luas Samudra Hindia ?
2.             Pulau apa saja yang terdapat di Samudra Hindia ?
3.             Negara apa saja yang ada di sekitar Samudra Hindia ?
4.             Bagaimana iklim di Samudra Hindia ?
5.             Bagaimana angin di Samudra Hindia ?
6.             Bagaimana arus di Samudra Hindia ?
7.             Apa saja karateristik di Samudra Hindia ?
8.             Bagaimana sejarah dan mitos di Samura Hindia ?
9.             Apa saja kekayaan laut yang ada di Samudra Hindia ?

1.3         Tujuan dan Manfaat Penulisan
1.3.1.           Tujuan Penulisan
Tujuan utama pembuatan makalah ini untuk memenuhi nilai mata kuliah Geografi Benua dan Samudra. Selanjutnya untuk memaparkan luas, topografi dasar laut, pulau, negara, iklim, angin, arus, karateristik, sejarah, dan mitosserta kekayaan laut di Samudra Hindia.

1.3.2.           Manfaat Penulisan
Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah penulisan dan pembaca lebih memahami mengenai luas, topografi dasar laut, pulau, negara, iklim, angin, arus, karateristik, sejarah, dan mitos serta kekayaan laut di Samudra Hindia




BAB II
PEMBAHASAN
2.1         Luas Samudra Hindia
http://dahlanforum.files.wordpress.com/2009/05/samudra-india.jpg?w=300&h=298Luas Samudra Hindia mencapai ± 73.481.000 km² dengan kedalaman rata-rata 3.850 m. Samudra ini terletak di sebelah Selatan Benua Asia, sebelah Barat Australia, sebelah Timur dan Selatan Afrika, serta berbatasan dengan Kutub Selatan. Samudra Hindia, Samudra Indonesia atau Samudra India adalah kumpulan air terbesar ketiga di dunia, meliputi sekitar 20% permukaan air Bumi. Di utara dibatasi oleh selatan Asia; di barat oleh Jazirah Arabia dan Afrika; di timur oleh Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Kepulauan Sunda Kecil, dan Australia; di selatan oleh Antartika. Samudra ini dipisahkan dengan Samudra Atlantik oleh 20° timur meridian, dan dengan Samudra Pasifik oleh 147° timur meridian. Samudra Hindia atau Samudra India adalah satu-satunya samudra yang menggunakan nama negara yaitu India.
Lautan termasuk Laut Andaman, Laut Arab, Teluk Bengal, Great Australian Bight, Teluk Aden, Teluk Oman, Saluran Mozambique, Teluk Persia, Laut Merah, Selat Malaka, dan sebagainya. Panjang Pantai: 66.526 km, titik ketinggian terdalam : Palung Jawa, 7.258 m, titik terdangkal : permukaan laut 0 m.
 

1 dahlanforum.wordpress.com/../ samudra-pasifik-atlantik-hindia-arktik.
Fisiografi. Di samudera ini terdapat beberapa ambang (punggung bukit dasar laut) dan plato dasar laut yang umumnya melajur dari utara ke selatan. Ambang Carlsberg membentang dari Teluk Aden ke selatan dan bersambung dengan Ambang Hindia Baratdaya (South-West Indian Ridge). Plato dasar laut Cagos Lakadewa melajur dari muara S. Indus dan S. Gangga ke selatan dan bersambung dengan Ambang Hindia Tengah (mid-Indian Ridge) di Basin Hindia Tengah. Ambang terpanjang di samudera  ini adalah Ambang Sembilang Puluh Timur (Ninety-East Ridge) yang panjangnya 4.960 km. penanaman tersebut diberikan karena letak ambang itu hamper sejajar dengan garis bujur 90° BT. Ambang tersebut melajur dari sebelah utara Kep. Nicobar kea rah selatan, hingga bertemu dengan ujung barat Ambang Patah (Broken Ridge) di sekitar 32° LS. Ambang-ambang lain yang terdapat di samudera ini adalah Ambang Atlantik-Hindia yang terletak di selatan Kep. Edward, dan Ambang Hindia Tenggara (Southeast Indian Ridge).
Plato dasar laut di samudera ini menyangga pulau-pulau Maladewa, Seychelles, Cagos, Lakadewa, dan Kep. Kerguelen. Plato dasar laut Mozambique dan Plato dasar laut Madagaskar terletak di selatan P. Madagaskar, sedangkan Plato dasar laut Maskarena terletak di sebelah timur nya. Kepulauan Cocos di sebelah timur laut merupakan salah satu pulau karang di samudera ini. Lebih jauh ke selatan terdapat pulau-pulau vulkanis, yaitu P. Prince Edward, Kep. Crozet serta Kep. Reunion dan Kep. Mauritius di sebelah timur Madagaskar.2



 

2                    Rachmat Bratamidjaja dan Sutjipto , Ensklopedi Indonesia-Seri Geografi (Jakarta:PT. Intermasa,1990), hal.288

2.3 Pulau – Pulau dan Negara-Negara di Kawasan Samudra Hindia
2.3.1 Pulau-Pulau
Pulau-pulau yang tersebar di Samudra Hindia (Bahasa Perancis: Îles Éparses atau Îles éparses de l'océan indien) terdiri dari empat pulau koral kecil dan sebuah atol di Samudera Hindia. Mereka tidak memiliki penghuni permanen. Tiga dari pulau-pulau tersebut, Glorioso, Juan de Nova dan Europa, juga atol Bassas da India di Selat Mozambik, barat Madagaskar, sementara pulau keempat, Tromelin, sekitar 220 mil timur Madagaskar. Juga di Selat Mozambik adalah Banc du Geyser, tidak diklaim oleh bangsa apapun hingga 1976 dianeksasi oleh Madagaskar.
Menurut hukum baru 2007-224 tanggal 21 Februari 2007, Pulau Tersebar telah dimasukkan sebagai distrik ke-5 dari Teritori Selatan dan Antarktika Perancis. Pulau-pulau itu telah dikelompokkan sebagai cagar alam. Mereka mengelola stasiun meteorologi, kecuali Bassas da India. Stasiun meteorologi di Kepulauan Glorioso, Juan de Nova dan Pulau Europa berjalan otomatis. Stasiun di pulau Tromelin memberikan peringatan siklon yang mengancam Madagaskar, Réunion atau Mauritius. Setiap pulau, kecuali Bassas da India memiliki sebuah lapangan terbang lebih dari 1.000 meter. Mauritius, Kepulauan Komoro, Seychelles dan Madagaskar menolak kedaulatan Perancis terhadap pulau-pulau itu. Mauritius mengklaim Tromelin; Kepulauan Komoro dan Seychelles mengklaim Kepulauan Glorioso, dan Madagaskar sisanya.
Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai beberapa pulau yang ada di sekitar Samudra Hindia:
1.        http://portal.ristek.go.id/uploads/news_905.jpgKepualau Mentawai (Indonesia)
Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan UU RI No. 49 Tahun 1999 dan dinamai menurut nama asli geografisnya. Kabupaten ini terdiri dari 4 kelompok pulau utama yang berpenghuni yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan yang dihuni oleh mayoritas masyarakat suku Mentawai. Selain itu masih ada beberapa pulau kecil lainnya yang berpenghuni namun sebahagian besar pulau yang lain hanya ditanami dengan pohon kelapa. Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan kabupaten kepulauan yang terletak memanjang dibagian paling barat pulau Sumatera dan dikelilingi oleh Samudera Hindia. Kepulauan Mentawai merupakan bagian dari serangkaian pulau non-vulkanik dan gugus kepulauan itu merupakan puncak-puncak dari suatu punggung pegunungan bawah laut. Suku Mentawai sebagai penduduk utama di kabupaten ini, secara garis besar masyarakat ini tidak mempunyai gambaran yang jelas tentang asal usul mereka, walaupun ada di antara mereka mengenal beberapa mitologi yang kadang agak kabur dan sukar dipercaya. Masyarakat setempat menyebut negeri mereka dengan nama Bumi Sikerei. Sebagian besar penghuni pulau-pulau di kabupaten Kepulauan Mentawai berasal dari pulau Siberut. Masyarakat suku Mentawai secara fisik memiliki kebudayaan agak kuno yaitu zaman neolitikum dimana pada masyarakat ini tidak mengenal akan teknologi pengerjaan logam, begitu pula bercocok tanam maupun seni tenun. Penduduk di kabupaten ini separuhnya adalah penganut animisme, kemudian sebaagian beragama Kristen dan Islam. Setelah kemerdekaan masyarakat di kabupaten ini telah membaur dengan suku-suku bangsa lain yang ada di Indonesia terutama setelah kabupaten ini menjadi salah satu daerah transmigrasi. Daerah ini memiliki potensi alam yang banyak, selain dalam bidang perkebunan, pertanian dan perikanan. Daerah ini memiliki potensi untuk menjadi daerah kawasan wisata. Hasil laut merupakan salah potensi yang terus dikembangkan di kabupaten ini terutama ikan kerapu yang laku untuk di ekspor.4





 
4 dahlanforum.wordpress.com/../ samudra-pasifik-atlantik-hindia-arktik
2.        http://www.animalbase.uni-goettingen.de/mapimage/map-madagascar.jpgMadagaskar
Salah satu negara terpencil yang terkenal di Afrika yaitu Madagaskar. Madagaskar merupakan negara pulau yang tidak menyatu dengan daratan Afrika namun tetap sebagai bagian dari benua Afrika. Madagaskar sendiri merupakan pulau terbesar ke 4 didunia. Madagaskar sudah terpisah sejak 150 juta tahun yang mengakibatkan flora dan faunanya tidak dapat ditemukan dibelahan bumi lainnya. Lokasi yang terpencil membuat Madagaskar tidak ditempati manusia selama 2000 tahun. Malagasy adalah sebutan penduduk di kepulauan madagaskar yang merupakan keturunan nenek moyang orang Indonesia yang berhasil berlayar mellalui Samudra Hindia, kemudia Orang-orang dari Arab dan Afrika datang ke Madagaskar sehingga menambambah percampuran budaya di pulau madagaskar.
Perekonomian Madagaskar tidak terlalu baik. Madagaskar masuk sebagai negera termiskin di dunia. Perekonomian di Madagaskar sangat bergantung pada pertanian, pertambangan, perikanan, dan produksi pakaian. Salah satu produk paling terkenal dari Madagaskar adalah vanilla, yang berasal dari anggrek dan digunakan sebagai penyedap rasa makanan. Rempah vanilla minimal membutuhkan waktu dua tahun untuk tumbuh hingga mempunyai nilai jual yang cukup mahal. Walaupun harga jual Vanila relatif mahal namun rakyat Madagaskar tetap hidup dibawah garis kemiskinan. Hal ini disebabkan oleh rezim kediktatoran pemimpin Madagaskar terdahulu dimana Korupsi yang mengila membuat Madagaskar menjadi miskin ditambah dengan infrastruktur yang tidak memadai membuat perekonomian tidak berkembang. Namun pada tahun 2000 an Madagaskar menemukan sumber cadangan minyak dan pertambangan batu saphire yang membuat Madagaskar perekonomianya cukup membaik.
Beberapa ahli mengatakan bahwa nenek moyang penduduk Madagaskar berasal dari Indonesia dan Afrika dan Nenek Moyang Madagaskar merupakan orang modern dimana tidak ditemukannya bukti zaman batu. Percampuran penduduk asli Malagasy (sebutan untuk penduduk Madagaskar) telah melahirkan kebudayaan yang menarik terdiri dari Asia Tenggara, India, Afrika, dan Timur Tengah. Kebudayaan Indonesia dalam komponen kebudayaan Malagasy sangat terbukti dari bahasa – yang sangat mirip dari segi dialek Kalimantan, sebuah pulau di Indonesia – maupun juga sistem kepercayaan dan makanan berupa nasi. Nasi merupakan makanan populer di Madagaskar dan banyak orang-orang Malagasy mengonsumsi nasi sebagai makanan utama. Daging sapi juga merupakan makanan populer meskipun mahal. Teko zebu di Madagaskar aslinya berasal dari India, tetapi merefleksikan pengaruh kebudayaan Afrika terhadap penduduk Madagaskar.
Madagaskar merupakan sebuah pulau dengan kekayaan kebudayaan yang luar biasa. Madagaskar merupakan sebuah tempat yang memiliki banyak leluhur yang juga merupakan bagian dari nenek moyang orang-orang jaman sekarang; pada banyak wilayah, pantangan dan tradisi lebih diutamakan di atas hukum, dan agama dari barat bebas bercampur dengan kepercayaan sihir dan kebiasaan pemakaman berkasta.
Jadi Madagaskar adalah sebuah negera pulau dimana nenek moyangnya diyakini sebagai orang Indonesia dan Afrika yang bercampur. Kebudayaan Madagaskar pun tidak ada yang asli berasal dari Madagaskar melainkan kebudayaan luar yang masuk kedalam kehidupan masyarakat sehingga kebudayaan tersebut menyesuaikan dengan Madagaskar. Madagaskar adalah negara yang cukup hebat sebab selama kurang lebih 1 abad Madagaskar telah diuji mulai datangnya penjajah dari perancis hingga kediktatoran pemimpinnya. Namun Madagaskar telah membuktikan bahwa Madagaskar adalah negara yang sangat kuat didunia.5
2.3.2   Negara-negara di kawasan Samudra Hindia
Negara-negara yang berada disekitar samudera hindia diantaranya adalah : Australia, Afrika Selatan, Bangladesh, India, Iran, Indonesia, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mozambique, Oman, Singapura, Sri Lanka, Tanzania, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Yaman.
 

5 dahlanforum.wordpress.com/../ samudra-pasifik-atlantik-hindia-arktik.
Negara-negara disekitar kawasan samudera hindia membuat suatu organisasi yaitu Indian Ocean Rim Association for Regional Cooperation (IOR-ARC). Organisasi ini merupakan satu-satunya organisasi regional yang menggandeng negara-negara di sepanjang wilayah samudera hindia.
Anggota dari IOR-ARC :

Australia

Bangladesh

India

Indonesia



Kenya

Madagaskar

Malaysia

Mauritius

Mozambique

Oman

Singapura

Afrika Selatan

Sri Lanka

Tanzania

Thailand

Iran

Uni Emirat Arab

Yaman



Mitra wicara :

Mesir

Prancis

Jepang

Cina

Inggris

IOR-ARC bertujuan untuk memfasilitasi perdagangan dan investasi dalam kawasan. Kerjasama dalam kerangka ini dikembangkan dalam tiga jalur utama yaitu:
a.       Akademisi melalui forum IOR-Academic Group (IORAG),
b.      Pengusaha melalui IOR-Business Forum (IOR-BF) dan
c.       Jalur kegiatan perdagangan dan investasi melalui Working Group on Trade and Investment (WGTI).
Potensi yang ada di kawasan samudera hindia diantaranya adalah potensi sumber daya ikan Albakora yaitu sebesar 3.987.000 ton per tahun. Disusul oleh jenis ikan Tuna Sirip Biru (84.000 ton), Cakalang (21.000 ton), Tuna Mata Besar (13.000 ton) dan Madidihiang (10.000 ton).6
Selain itu kawasan samudra hindia juga merupakan incaran para turis domestik maupun mancanegara untuk melakukan surfing di kawasan ini. Samudra hindia juga dapat dikatakan sebagai percaturan politik regional, karena samudra hindia sebagai lalu lintas perdagangan internasional,seperti contohnya cina membutuhkan minyak dari timur tengah


 
6 dahlanforum.wordpress.com/../ samudra-pasifik-atlantik-hindia-arktik.
pasti melalui samudera hindia. Tantangan yang berada di samudera hindia adalah gempa yang mengakibatkan tsunami, untuk mengantisipasi maka negara di sekeliling kawasan samudera hindia sedang membangun Indian Ocean Tsunami Warning System (IOTWS) yang akan berpusat di Indonesia.

2.4 Iklim
Sebagian besar Samudera Hindia beriklim tropis, khususnya ditengah dan di utara. Suhu permukaan perairan berbeda-beda. Pada bulan januari, suhu berkisar antara 21°­­-27°C pada belahan bumi utara; di belahan bumu selatan berkisar antara 27°-29°C. pada bulan yang sama suhu di sekitar wilayah Tei. Persia dan L. Merah adalah 16°C.
Di belahan bumi selatan, suhu berkisar dari 13°C di sebelah selatan Australia dan Afrika hingga 27°C di khatulistiwa pada bulan juli; suhu di belaha bumi utara sekitar 27°C. adakalanya suhu di sekita L. Merah dan Tel. Persia lebih dari 32°C.
Oleh karena sebagian besar kawasan ini beriklim tropis, maka hampir seluruh permukaanya tidak ditutupi es dan tidak berkabut tebal yang dapat membahayakan pelayaran. Disamping itu tidak didapati suhu yang berbeda jauh antara bulan Januari dan Juli sebagaimana yang terjadi di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik.7
Indian Ocean Dipole merupakan gejala penyimpangan cuaca yang dihasilkan oleh interaksi antara permukaan samudera dan atmosfer di kawasan Samudera Hindia sekitar garis khatulistiwa (tropis) dan di sebelah selatan Jawa. Interaksi itu menghasilkan tekanan tinggi di Samudera Hindia bagian timur (bagian Selatan Jawa dan Barat Sumatra) yang menimbulkan aliran massa udara yang berhembus ke barat.8



 

7 Rachmat Bratamidjaja dan Sutjipto , Ensklopedi Indonesia-Seri Geografi (Jakarta:PT. Intermasa,1990), hal.288
2.5 Angin
Terdapat tiga wilayah angin di Samudra Hindia, yaitu wilayah angin barat, wilayah angin musim, dan wilayah angin pasat tenggara. Angin barat mendominasi bagian selatan samudra. Angin ini bertiup terus menerus dari barat ke timur. Di daerah ini sering terjadi badai, biasanya berupa badai frontal.
Bagian utara samudra didominasi oleh angin musim. Pada musim dingin, angin musim menjauhi Benua Asia dan mejuju Afrika Timur setelah melalui India, berlangsung dari bulan Oktober-April; misalnya angin musim timur laut yang kering. Konvergensi tropis agag bergeser ke selatah khatulistiwa. Sebaliknya, angin musim barat daya yang bertiup dari Laut Arab dan teluk Benggala serta melewati India, menuju Asia pada musim panas. Dekat zona konvergensi intertropis yang terbentang diatas Asia Selatan, angin musim ini acap kali membawa hujan.
Di sebagian besar kawasan tropis belahan bumi selatan bertiup angin pasat tenggara. Hanya bagian-bagian yang menghadap arah angin yang menerima hujan yang dibawa oleh angin pasat tenggara. Perputaran bumi menyebabkan angin ini bertiup kea rah barat laut.
Di sepanjang konvergensi intertropis sering terjadi siklon tropis, meskipun selang derajat nya tidak berjarah jauh dari garis khatulistiwa. Misalnya, siklon di L. Arab dan Teluk Bengala muncul antara dua masa musim (Mei-Juni dan Oktober-November). Adakalanya siklon tersebut melanda kawasan lepas pantai Australia barat laut dan dekat Madagaskar. Bentuk siklon dapat bermacam-macam namun sebagian besar berupa badai lemah. Akibat dari badai lemah ini terjadilah mendung dan hujan yang berkepanjangan. Badai lemah dapat pula berkembang menjadi topan.9



 

9 Rachmat Bratamidjaja dan Sutjipto , Ensklopedi Indonesia-Seri Geografi (Jakarta:PT. Intermasa,1990), hal.288
2.6 Arus Samudra Hindia
Samudera Hindia mempunyai dua sistem sirkulasi arus utama, satu dibelahan bumi utara dan satu lagi di belahan bumi selatan.

2.6.1   Di sebelah utara khatulistiwa
Arus laut samudera ini keadaannya berbeda dengan samudera lain, sebab arah gerakan arus tak tetap dalam setahun melainkan berganti arah dalam 1/2 tahun, sesuai dengan gerakan angin musim yang menimbulkannya. Arus-arus tersebut adalah sebagai berikut:
1.                  Arus Musim Barat Daya, merupakan arus panas yang mengalir menuju ke timur menyusuri Laut Arab dan Teluk Benguela. Arus ini ditimbulkan dan didorong oleh angin musim barat daya. Arus ini berjalan kurang kuat sebab mendapat hambatan dari gerakan angin pasat timur laut.
2.                  Arus Musim Timur Laut, merupakan arus panas yang mengalir menuju ke barat menyusuri Teluk Benguela dan Laut Arab. Arus ini ditimbulkan dan didorong oleh angin musim timur laut. Arus yang terjadi bergerak agak kuat sebab di dorong oleh dua angin yang saling memperkuat, yaitu angin pasat timur laut dan angin musim timur laut.
2.6.2        Di sebelah selatan khatulistiwa
1.                  Arus Khatulistiwa Selatan, merupakan arus panas yang mengalir menuju ke barat sejajar dengan garis khatulistiwa yang nantinya pecah menjadi dua (Arus Maskarena dan Arus Agulhas setelah sampai di timur Madagaskar). Arus ini ditimbulkan dan didorong oleh angin pasat tenggara.
2.                  Arus Maskarena dan Arus Agulhas, merupakan arus menyimpang dan merupakan arus panas. Arus ini juga merupakan lanjutan dari pecahan Arus Khatulistiwa Selatan. Arus Maskarena mengalir menuju ke selatan, menyusuri pantai Pulau Madagaskar Timur. Arus Agulhas juga mengalir menuju ke selatan menyusuri pantai Pulau Madagaskar Barat.10
10 www.damandiri.or.id/file/andiheryantirukkaipbbab2.pdf
3.                  Arus Angin Barat, merupakan lanjutan dari sebagian arus angin barat, yang mengalir ke arah utara menyusur pantai barat Benua Australia. Arus ini termasuk arus menyimpang dan merupakan arus dingin yang akhirnya kembali menjadi Arus Khatulistiwa Selatan.

Arus-arus dikawasan ini bergantung pada system angin. Belahan bumi selatan mempunyai arus yang berlawanan dengan arah jarum jam. Arus ini berlangsung sepanjang tahun pada 10° LS. Di sebelah selatan khatulistiwa, Arus khatulistiwa Selatan mengalir ke barat dengan bantuan angin pasat tenggara, kemudian membelok ke selatan dekat Afrika dan menghasilkan Arus Agulhas serta arus-arus lainya. Arus Agulhas bergabung dengan Arus Mozambique di lepas pantai timur Afrika Selatan. Arus Angin Barat yang terdapat pada lintang geografis menyebabkan terjadinya angin barat yang bergerak ke timur menuju Australia setelah melintasi bagian selatan Samudera Hindia. Arus ini bergabung dengan Arus Khatulistiwa Selatan dekat kawasan khatulistiwa.
Di belahan bumi utara, terjadi Arus Angin Barat pada musim panas, bergerak searah jarum jam disekitar L. Arab dan Teluk bengala. Pada musim dingin, arus ini berubah menjadi Arus Musim Timur Laut, yang berlawanan dengan arah jarum jam. Misalnya, Arus Somali yang mengalir di L. Arab pada musim panas dan berbalik menjadi Arus Musim Timurlaut.11

2.7  Karateristik Samudra Hindia
       Adapun karateristik dari Samudra Hindia antara lain :
1.      Sebagian besar wilayahnya berada di belahan bumi Selatan.
2.      Satu-satunya samudra yang seluruh wilayahnya berada di belahan bumi Timur.
3.      Wilayah perairannya berfungsi sebagai penyedia air hujan bagi gejala alam angin monsun untuk sebagian wilayah Asia dan Australia.
4.      Samudra Hindia memiliki arus yang relatif tenang dan jarang terjadi badai.


 
11 Rachmat Bratamidjaja dan Sutjipto , Ensklopedi Indonesia-Seri Geografi (Jakarta:PT. Intermasa,1990), hal.288
5.      Samudra Hindia memiliki beberapa palung laut, seperti Palung Jawa (7.450 m), Palung Weber (7.440 m), dan Palung Diamantina (7.102 m).
6.      Dikelilingi oleh Benua Asia dan Benua Afrika pada bagian Tmur, Utara danBarat, hanya bagian Selatan yang terbuka bebas langsung berhubungan dengan Kutub Selatan .
7.      Samudera Hindia jarang menimbulkan badai besar seperti Samudera Pasifiksehingga pelayaran melalui Samudera Hindia relatif aman.
8.      Pada dasar samudera yang berbatasan dengan benua Asia terdapat pusatpusat tubrukan antara lempeng Asia dan lempeng dasar samudera sehinggamenjadi daerah labil atau pusat gempa bagi negara-negara Asia sepertiIndonesia, India, Afghanistan dan Iran.
9.      Sebagian besar wilayahnya berada di belahan bumi Selatan.
10.  Wilayah perairannya berfungsi sebagai penyedia air hujan bagi gejala alam angin monsun untuk sebagian wilayah Asia dan Australia.12
2.8     Sejarah dan Mitos Samudra Hindia
2.8.1        Sejarah Samudra Hindia
Perdagangan :Pada zaman dahulu, bangsa Eropa seperti Ingris, Belanda, dan Portugis, memiliki wilayah jajahan di sepanjang kawasan Samudera Hindia. Diwilayah jajahan tersebut, mereka mendirikan Bandar-bandar perdagangan. Barang-barang yang diperdagangkan berupa rempah-rempah, sutera, dan hasil bumi kawasan timur. Pengengkutan barang-barang dagangan dari wilayah jajahan ke Eropa memerlukan waktu yang cukup lama karena jauhnya jarak yang ditempuh melalui Samudera Hindia sebagai lalu lintas perdagangan yang utama, mengintari Tanjung Pengharapan, dan memasuki kawasan Atlantik. Namun, dengan dibukanya Terusan Suez yang selesai pada tahun 1869, pelayaran dari Eropa ke Timur Jauh dan Australia menjadi singkat dan cepat. Adanya terusan tersebut mengakibatkan perluasan wilayah perdagangan. Mereka melakukan
12 dahlanforum.wordpress.com/../ samudra-pasifik-atlantik-hindia-arktik.
perdagangan hingga ke Bandar-bandar seperti Aden, Bombay, Zanzibar, dan Singapura.
Selain Bandar-bandar tersebut, pelabuhan utama Samudera Hindia adalah Calcutta, Colombo, Rangoon (Yangon) di Asia, Durban dan Dar-Es-Salaam di Afrika, serta Perth I Australia. Pada akhir abad ke-20, peran Samudera Hindia semakin penting karena adanya minyak bumi. Minyak bumi sebagai salah satu sumber alam yang bernilai tinggi, dihasilkan dari Timur Tengah, awasan Telu Persia, dan Indonesia.
Penelitian ilmiah : Penelitian ilmiah terhadap Samudra Hindia berawal pad abad ke-19 penelitian ini diprakarsai oleh bagsa Ingris dengn pelayaran Challenger yang berlangsung dari tahun 1872 sampai tahun 1876. Kemudian diikuti oleh bangsa Australia, Jerman, and Belanda. Mereka mengaadkan eksplorasi oseanografis pad ahir abad ke-19. Penelitian-penelitian terus berlanjut; beberpa Negara bergbung dan bersama-sama melakukan penelitian tentang kondisi samudra dan cuaca, yang dimulai dari tahun 1959 hingga tahun 1969.
Sejarah : Samudra hindia pertama kali dilalui oleh pelaut bangsa Portugis, Vasco da Gama. Pada tahun 1497, dia melakuka perjalanan mengitari Tanjung Pengharapan Kemudian melalui Samudra Hindia menuju Hindia. Pada tahun 1521, Juan Sebastian del Cano adalah pemimpin kapal pertama yang melakukan perjalanan mengelilingi dunia setelah Magellan meninggal dunia. Usaha melintasi Samudra Hindia juga dilakukan oleh Kapten James Cook. Pada tahun  1772 dan tahun 1776, dia berhasil menyeberangi bagian paling selatan samudra tersebut.
Diantara tiga samudra di dunia, Samudra Hindia merupakan samudra pertama yang ramai dilayari manusia. Misalnya, orang Mesir kuno melalui samudera ini untuk melakukan pelayaran niaga ke Laut Arab, begitu pula dengan perdagangan dan penelitian yang dilakukan orang Arab dan Cina disepanjang pantai Asia Selatan. Namun samudra ini tidak hanya dilayari untuk keperluan perdagangan dan penelitian saja, tetapi juga untuk penyebaran agama. Agama Islam dikembangkan oleh juruk dakwah Arab disepanjang pantai Afrika, dan di Indonesia dengan perantaraan peradagangan-perdagangan Gujarat


yang berasal dari pesisir India. Sekembali dari perjalanan nya ke Cina, pada akhir abad ke-13, Marco Polo melintasi Selat malaka dan bagian utara Samudra Hindia.13

2.8.2 Mitos Samudra Hindia
1.        http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSHYQSWjrj7_lwRdMq1aJ5fcN-9gRmk-C1hYzqP_6Fsx9p0mUtAPantai Pelabuhan ratu
Pelabuhan ratu adalah sebuah tempat wisata di pesisir Samudra Hindia di selatan Jawa Barat. Lokasinya terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi. Pantai ini dikenal memiliki ombak yang sangat indah oleh karena itu banyak para peselancar dari seluruh dunia datang ke tempat ini untuk berselancar. Selain itu ombak yang tinggi dan kuat membuat pantai ini juga berbahaya bagi perenang pantai.
Masyarakat pantai selatan khususnya Palabuhanratu percaya adanya penguasa laut selatan yaitu Ratu Kidul. Konon, ia adalah seorang ratu yang cantik bagai bidadari. Di Laut Selatan - nama lain dari Samudra Hindia - sebelah selatan Pulau Jawa, ia bertahta pada sebuah kerajaan makhluk halus yang besar dan indah. Mitos lain yang dipercaya masyarakat sekitar Pelabuhanratu adalah larangan mengenakan pakaian berwarna hijau di sekitar pantai jika tidak ingin terjadi sesuatu yang buruk. Entah apa yang melatarbelakangi larangan tersebut, namun sebagian masyarakat disana dan pengunjung atau wisatawan yang datang kesana juga menaati larangan tersebut. Maka hampir tidak ditemukan para pengunjung yang bermain-main di pantai memakai pakaian berwarna hijau.
Pada bulan April biasanya masyarakat sekitar Pelabuhan ratu mengadakan ritual upacara adat Hari Nelayan. Hari Nelayan dimaksudkan sebagai syukuran atas rezeki yang telah mereka dapatkan dari hasil laut dan agar dijauhkan dari bencana.

 

13 Rachmat Bratamidjaja dan Sutjipto , Ensklopedi Indonesia-Seri Geografi (Jakarta:PT. Intermasa,1990), hal.288
Biasanya dalam upacara ini disediakan sesaji berupa kepala kerbau yang nantinya akan dilarung ke tengah laut.14
2.    Bagian Timur Samudera Hindia dan Teluk Persia 
Daerah ini dikenali dengan fenomena yang sangat mengagumkan dan misteri, dengan lingkaran cahaya raksasa yang berputar-putar di permukaan air. Ahli kelautan Jerman, Kurt Kahle percaya, fenomena itu adalah akibat dari gempa bawah laut, yang menimbulkan pendaran plankton. Lalu timbul gerakan seperti putaran roda. Namun, hipotesis ini menuai kritik akhir-akhir ini kerana belum mampu menjelaskan transformasi lingkaran cahaya secara logik. Sains moden juga belum mampu menjelaskan bentuk lingkaran sempurna objek tersebut. Kerananya, muncul teori baru yaitu UFO.

3.    “Mauritia”, Benua Yang Telah Lama Hilang di Samudera Hindia

Mauritia Mauritius 2Sebuah negara pulau kecil di lepas pantai timur pulau Madagaskar bernama Mauritius ternyata tidak hanya menyimpan keeksotikan pantai dan pegunungannya saja. Ternyata, negara pulau di Samudera Hindia ini juga diindikasikan menyimpan bukti-bukti kuno tentang sebuah benua yang hilang. Berbeda dengan benua atau daratan yang sampai sekarang belum dapat dibuktikan dan tetap masih menjadi mitos seperti Atlantis, Lemuria dan lainnya, maka daratan kuno Mauritius ini memiliki bukti sains tentang keberadaannya.
Hal ini terlihat dari adanya sebuah garis tipis berwarna putih dan tersebar mengelilingi seluruh pantai di sana.15
 

14 d.wikipedia.org/wiki/Pantai Pelabuhan Ratu/www.kaskus.co.id/thread
15 d.wikipedia.org/wiki/mauritia/www.kaskus.co.id/thread
Mauritius beach line
Setelah diteliti, ternyata partikel putih tersebut berumur jauh lebih tua dari umur pulaunya sendiri. Para peneliti memperkirakan bahwa pulau Mauritius sendiri masih berusia sekitar 8,9 juta tahun, sedangkan partikel putih ini sudah berusia minimal 660 juta tahun. Para peneliti yang menemukan fakta ini menduga bahwa dulu pernah ada sebuah daratan sebesar benua yang dinamakan Mauritia. Bahkan ukuran benua tersebut besarnya diperkirakan sebesar wilayah Samudera Hindia yang memisahkan antara India dan Afrika. Artinya, daratan ini tidak sebesar sebuah benua namun tak pula sekecil sebuah pulau terbesar. Maka para peneliti menamakan ukuran daratan ini sebagai “benua kecil” atau micro continent. Hilangnya benua ini sendiri diduga karena adanya “kolom magma” yang mengisi kerak bumi. Hal ini menyebabkan Mauritius menyembul ke atas permukaan dan menenggelamkan Mauritia yang mulai tertutup oleh air.16






 

16  http://www.keajaibandunia.net/mauritia.html

BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Luas Samudra Hindia mencapai ± 73.481.000 km² dengan kedalaman rata-rata 3.850 m. Samudra ini terletak di sebelah Selatan Benua Asia, sebelah Barat Australia, sebelah Timur dan Selatan Afrika, serta berbatasan dengan Kutub Selatan. Samudra Hindia, Samudra Indonesia atau Samudra India adalah kumpulan air terbesar ketiga di dunia, meliputi sekitar 20% permukaan air Bumi. Di utara dibatasi oleh selatan Asia; di barat oleh Jazirah Arabia dan Afrika; di timur oleh Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Kepulauan Sunda Kecil, dan Australia; di selatan oleh Antartika. Samudra ini dipisahkan dengan Samudra Atlantik oleh 20° timur meridian, dan dengan Samudra Pasifik oleh 147° timur meridian. Samudra Hindia atau Samudra India adalah satu-satunya samudra yang menggunakan nama negara yaitu India.
Sebagian besar Samudera Hindia beriklim tropis, khususnya ditengah dan di utara. Suhu permukaan perairan berbeda-beda. Pada bulan januari, suhu berkisar antara 21°­­-27°C pada belahan bumi utara; di belahan bumu selatan berkisar antara 27°-29°C. pada bulan yang sama suhu di sekitar wilayah Tei. Persia dan L. Merah adalah 16°C.
Di belahan bumi selatan, suhu berkisar dari 13°C di sebelah selatan Australia dan Afrika hingga 27°C di khatulistiwa pada bulan juli; suhu di belaha bumi utara sekitar 27°C. adakalanya suhu di sekita L. Merah dan Tel. Persia lebih dari 32°C.
Oleh karena sebagian besar kawasan ini beriklim tropis, maka hampir seluruh permukaanya tidak ditutupi es dan tidak berkabut tebal yang dapat membahayakan pelayaran. Disamping itu tidak didapati suhu yang berbeda jauh antara bulan Januari dan Juli sebagaimana yang terjadi di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik.
Terdapat tiga wilayah angin di Samudra Hindia, yaitu wilayah angin barat, wilayah angin musim, dan wilayah angin pasat tenggara. Angin barat mendominasi bagian selatan samudra. Angin ini bertiup terus menerus dari barat ke timur. Di daerah ini sering terjadi badai, biasanya berupa badai frontal.

3.2  Saran
       Dalam pembuatan makalah ini mungkin masih terdapat beberapa kesalahan baik dari isi dan cara penulisan. Untuk itu kami sebagai penyusun mohon maaf apabila pembaca merasa kurang puas dengan hasil yang kami sajikan. Kritik dan saran sangat kami harapkan agar kami dapat memperbaiki makalah kami.

2 komentar: